Makanan Khas Osaka

Selamat siang Food Mania. Nih, admin bagiin informasi tentang makanan Jepang khususnya Osaka buat para pecinta makanan, yang mungkin suatu saat bakal ke Jepang buat liburan, kerja, sekolah kalian harus cobain makanan ini.

1. 串カツ(Kushikatsu)



Kushikatsu ini makanan ringan yang bahannya bisa daging, sayuran, seafood yang ditusuk menggunakan tusukan bambu yang dicelup ke dalam adonan tepung terigu dan dilapisi dengan tepung panir sebelum digoreng. Tepung panir itu apa, ya? Tepung panir mirip mirip tepung roti gitu, sih. Nah, makna kata kushikatsu itu berasal dari kushi(串) yang berarti tusukan bambu dan katsu(カツ) yang berarti daging yang digoreng menggunakan tepung panir. 

Tepung Panir
Jadi kushikatsu memiliki arti daging goreng dengan tepung panir yang ditusuk menggunakan tusukan bambu. Menurut informasi yang dihimpun, Kushikatsu konon diciptakan di kawasan Shinsekai, distrik Naniwa-ku, Osaka. Di Indonesia sendiri makanan yang digoreng dan ditusuk pake tusukan bambu namanya sticky. Restoran-restoran di Jakarta yang menyajikan makanan tusuk-tusukan seperti ini terdapat di Kushi*a Mo*oga*ari dan Kushim*su*i. *ini bukan promosi

Lalu bagaimana cara makannya? Biasanya di Jepang cara memakan Kushikatsu ini dengan cara dicelup ke dalam saus yang namanya uster. Apa sih saus uster itu? Baru denger juga, ternyata saus uster itu Kecap Inggris lho Food Mania *kalo udah tau abaikan yah, emang adminnya receh dan ga pernah nyentuh dapur berarti XD
Saus Uster
Saus uster yang disediakan di Jepang untuk "cocolan" Kushikatsu tadi itu ternyata dalam bentuk wadah gede lho, dimaksudkan biar bisa di pake bareng dengan pengunjung lain. Oleh karena itu pengunjung hanya diperbolehkan mencelupkan Kushikatsu sekali saja. Sangat dilarang keras mencelupkan Kushikatsu yang sudah dimakan sebagian ke dalam saus uster. Di Jepang biasanya penjual akan menuliskan peringatan yang bunyinya: "Dilarang mencelupkan 2 kali ke dalam saus". 

Macam-macam Kushikatsu ternyata ada banyak loh Food Mania, wajib banget dicobain satu satu. Ada apa aja, sih? 
  • Daging sapi dipotong menjadi berbentuk persegi empat
  • Dada ayam
  • Sosis
  • Ikan salmon
  • Udang
  • Kerang
  • Tiram
  • Cumi-cumi
  • Chikuwa
  • Jamur Shiitake
  • Terung
  • Cabai Hijau
  • Gyoza
  • Telur puyuh
Wah, banyak yaaah! Masih ada macem-macem lain yang ga bisa admin tulis
Wajib banget buat kalian yang ke Jepang nyobain makanan ini. 


Jadi pengen, yah T.T

2. たこ焼き(Takoyaki)




Takoyaki makanan dari KansaiJepang bentuknya bola bola kecil yang dibuat dari tepung terigu yang dalemnya diisi gurita. Umumnya takoyaki dijual dalam bentuk set, 1 set takoyaki berisi 5, 6, 8, 10 bergantung pada penjualnya. Bagi penggemar Jepang di Indonesia, makanan ini udah pasti ga asing lagi di telinga kita. Bahkan di event Jepang biasanya kita nemu nih yang jual takoyaki. Nah, uniknya nih Food Mania di Jepang ada yang ngejual takoyaki secara satuan dan ukurannya sebesar ukuran bola tenis namanya Jambotako. *wow gimana ya bentuknya? O.O



Jambotako

Takoyaki sebesar itu kira kira Food Mania kuat ga ngabisinnya? Kalo ga kuat boleh ya bagi bagi adminnya XD *plak

Nah cara makan takoyaki beda beda nih Food Mania, ada yang pake tusuk gigi, ada juga yang pake sumpit sekali pakai. Nah, di Jepang biasanya penjual takoyaki ngasih 2 tusuk gigi sekaligus buat nusuk takoyakinya. Ya, gimana ga 2 kalo ditusuk pake 1 tusuk gigi doang takoyakinya muter2 dan keburu jatuh sebelum masuk mulut. Di Jepang sendiri umumnya takoyaki dihargai 200-400 yen. Sementara di Kansai sendiri harga jual bisa lebih murah karena persaingan yang ketat.

Sejarah Takoyaki dimulai di zaman Taisho yang dimana ditemukan kios pasar kaget yang ngejual Choboyaki yaitu goreng tepung isinya konnyaku. Choboyaki berkembang jadi Rajioyaki yang isinya urat sapi dan bagian daging murah yang lain. Diberi nama rajioyaki karena bentuknya bulat bulat seperti bola pingpong tombol radio pada zaman itu. Lalu mulailah pada tahun 1933, kios takoyaki bernama Aizuya ngejual Nikuyaki, versi upgrade dari rajioyaki yang diisi daging sapi. Di tahun 1935, kios Aizuya yang mengambil ide dari Akashiyaki mulai menggunakan gurita dan telur ke dalam rajioyaki dan menyebutnya sebagai takoyaki. Wah sejarahnya cukup panjang, ya. Sudah seharusnya kalian yang ke Jepang mencicipi langsung Takoyaki ini. 
Takoyaki(kiri), Ebiyaki(kanan)


3. お好み焼き(Okonomiyaki)


Okonomiyaki ini makanan Jepang yang dibuat dari tepung terigu dengan cara diencerkan dengan air, ditambah kol, telur ayam, makanan laut, atau daging babi goreng diatas penggorengan datar yang namanya teppan.
Nah, makna kata okonomiyaki itu berasal dari okonomi(お好み) yang berarti suka-suka, yang disuka, yang diinginkan dan yaki(焼き) yang berarti panggang.

Asal usul Okonomiyaki ini berawal dari snack yang namanya Funoyaki yaitu tepung terigu yang digoreng. Di zaman Meiji, makanan ringan yang disebut Dondonyaki merupakan perkembangan Funoyaki berisi nori, sosis ikan dengan bumbu saus yang digulung dengan sumpit sekali pakai. Di zaman Showa, Dondonyaki berkembang menjadi Kyabetsuyaki pake saus uster *lagi. Di Tokyo, Dondonyaki berubah bentuk jadi gorengan adonan tepung encer diatas teppan yang disebut Monjayaki. Okonomiyaki yang ada sekarang di daerah Kansai dan Hiroshima merupakan bentuk akhir dari Kyabetsuyaki. Mnurut cerita yang ga jelas asalnya, okonomiyaki dibuat pelaut angkatan laut Jepang yang ngaduk-ngaduk tepung terigu di kota Kure, Prefektur Hiroshima karena si pelaut kepengen makan pizza yang sebelumnya dimakan di Italia. Pelaut ngebuat Okonomiyaki pulang ke kampung halamannya di Osaka buat ngenalin Okonomiyaki di daerah Kansai.

Ciri khas Okonomiyaki Kansai yaitu irisan kol dicampur dengan adonan tepung terigu sebelum digoreng. Ika*i dan Oli**r adalah saus yang digunakan di daerah Kansai. *bukan promosi. Gimana, tertarik ga nyobain Okonomiyaki? 

Bersambung...


Source: https://matcha-jp.com/id/1744

Comments

  1. wadaw menggoda tapi g bisa makan (<vege)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah makan, mungkin tiba tiba jadi bisa/?

      Delete
  2. Wih okonomiyaki enak tuh wkwk.. pizza ala jepang

    ReplyDelete
  3. Wah jadi kepengen nyobain...
    mantap...

    ReplyDelete
  4. Gak dipungkiri lagi ya kalo makanan2 diatas juga udah bisa kita temukan di Indonesia, tapi begitu liat gambar yang aslinya jadi penasaran sama taste yang aslinya justru hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba jika berkunjung langsung ke Jepang, mba.. hehe saya pun juga penasaran...

      Delete
  5. Okonomiyaki! ada juga di wakayama, all you can eat, namanya Doutonbori!

    ReplyDelete
  6. Wah! Sepertinya enak... Walaupun agak familiar di Indonesia tetapi kalau soal rasa mungkin agak beda yaa dengan yang di Jepangnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu berbeda, mencicipi makanannya langsung di negaranya.. Tertarik?

      Delete
  7. pengen nyobain yg takoyaki.... takonya gede" ga kyk di indo

    ReplyDelete
  8. wah dipromosiin sama K*be nih ? hahaha. Pasti enak ya bisa makan Takoyaki dari asalnya langsung. Jadi mau coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kunjungi Jepang langsung, mba...

      Delete
  9. Kushi katsu ada restoran khususnya tuh, kushiya monogatari namanya.

    ReplyDelete
  10. mimin,. request makanan khusus fukuoka dong

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makanan Khas Kyoto

Makanan Khas Osaka Part 2

Makanan Khas Fukuoka